Latest News
Ads

Apa sih yang dimaksud MUSIKALISASI PUISI?

MUSIKALISASI PUISI

Musikalisasi Puisi Chairil Anwar
angin membantu, laut terang, tapi terasa aku tidak ‘kan sampai padanya

Hai temans, pernah melihat karya anak bangsa mengenai musikalisasi puisi gak? Aku lagi seneng nih lihat-lihat di youtube, nyari video musikalisasi puisi Chairil Anwar salah satunya yaitu musikalisasi puisi Cintaku Jauh di Pulau. Coba kamu lihat, bagus bagus deh...
Nah kali ini kita akan bahas, apa sih yang dimaksud dengan musikalisasi puisi? Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinanyikan, hehe itu secara sederhananya ya, jadi pengertian Musikalisasi puisi adalah dimana sebuah puisi dinyanyikan atau dibacakan dengan iringan instrumen musik. Nah, untuk instrumen musik yang digunakan dalam musikalisasi puisi bisa terdiri dari gitar, bass, jimbe, pianika, seruling dan lain-lain yang bisa menjadi alat musik 'dadakan' yang bisa dijadikan sebagai penambah efek.
Karena Musikalisasi puisi merupakan kolaborasi antara sastra dengan musik, namun musikalisasi puisi merupakan upaya untuk menampilkan puisi dengan cara memasukkan unsur musik secara dominan. Puisi yang biasa dibacakan atau diucapkan dengan intonasi, sedangkan musikalisasi puisi dibacakan atau diucapkan dengan nada dan diiringi dengan musik.  Perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ini bertujuannya agar pendengar atau apresian lebih memahami maksud yang terkandung dalam puisi. Dengan kolaborasi ini juga diharapkan agar apresian yang tidak memahami isi atau maksud yang terkandung dalam puisi menjadi paham.
Seperti halnya ketika aku mendengarkan musikalisasi puisi cintaku jauh di pulau, awalnya aku benar-benar gak paham apa makna dari puisi cintaku jauh di pulau itu, namun setelah mendengar musikalisasinya, jadi ada gambaran, dan lama-lama aku pahami ternyata mengenaskan juga makna puisi Chairil Anwar tersebut.
Untuk unsur-unsur musikalisasi puisi yaitu : 
1. Nada
2. Melodi
3. Irama
4. Tangga Nada
5. Tempo
Tempo dibagi menjadi empat, yaitu :
- Tempo Lambat
- Tempo Sedang
- Tempo Cepat
- Tempo Perubahan
6. Dinamika
- Dinamika Keras
- Dinamika Lembut
7. Ekspresi
8. Harmoni
9. Bentuk Lagu

0 Response to "Apa sih yang dimaksud MUSIKALISASI PUISI?"

Like Us

More on this category »