Latest News
Ads

4 Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien

Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien

Contoh Gambar pedesaan Indonesia

 

Hai temans, sebentar lagi ujian nasional nih, bagi kamu yang sudah berada di tahun terakhir di sekolah tapi belum juga sadar, sekarang belum terlambat kok.
Yuk mulai belajar biar tidak menyesal nantinya.
Kalau aku itu bukan tipe orang yang bisa belajar seperti teman-teman kebanyakan, jadi aku suka menyusun rencana meski Cuma di angan biar belajarku itu efektif dan efisien.
Nah, setelah ini aku akan menuliskan beberapa tips belajar efektif dan efisien ya,
Yang pertama dan paling utama adalah
BERDOA
Kita diajarkan untuk selalu mengingat Tuhan, bersyukur pada setiap tindakan, dan tidak terkecuali dengan belajar. Penting sekali berdoa sebelum dan sesudah belajar.
Kenapa kita berdoa?
Doa itu menguatkan jiwa dan memberikan keberkahan pada usaha, termasuk usaha belajar kita. Tuhan pasti mempertimbangkan usaha keras kita kok, bagi yang kemampuan otaknya mentok, entah kenapa pasti dapat pencerahan dari Tuhan. So,  jangan pernah dilupakan, usaha dunia tapi berpahala akhirat ini ya.
Kedua yaitu,
MENENTUKAN TUJUAN BELAJAR
Nah, agar efektif, perlu sekali kita menentukan apa sebenarnya tujuan belajar kita itu, kenapa? Ya biar gak meluber alias kebanyakan belajar, nanti malah membuat kita Cuma membuang-buang waktu saja, padahal kan kita tahu itu tidak masuk dalam kisi-kisi ujian, eh kok dipelajari, ya tidak apa-apa sih, tapi bagi kamu yang mempunyai keterbatasan memori dalam kepala, lebih baik jangan lakukan itu ya, karena malah bisa merontokkan hal-hal penting yang sudah dipelajari sebelumnya.
Jadi, coba tentukan tujuan belajar, kita belajar untuk apa, lalu belajar untuk mencapai apa, untuk menguasai apa, dan materinya apa saja?
Mengapa penting menentukan tujuan belajar?
Karena dengan menentukan tujuan belajar akan membuat belajar kita bisa fokus dan lurus di jalurnya dan tidak meluber atau malah belak-belok.
Tips Belajar Efektif dan efisien yang ketiga yaitu :
MEMBUAT JADWAL BELAJAR
Loh, kenapa belajar harus dijadwal?
Nah, coba kita pikir, sipa sih musuh paling besar sebenarnya?
Musuh paling besar adalah diri kita sendiri, ego kita, emosi kita, pikiran kita,, nah dari situ kita sering menuruti diri untuk malas-malasan.
Makanya penting sekali kita membuat jadwal belajar dan harus menaati jadwal belajar kita tersebut!
Kalau perlu kamu bis aberi sanksi pada diri sendiri kalau melanggar jadwal belajarmu. Gak harus kok kamu terus memukul-mukuli tubuh sendiri, haha..
Cukup dengan mengganti jadwal belajarnya di jam yang lain hari itu dengan durasi yang sama persis dan ditambah menghafal lima suku kata bahasa Inggris dan lain-lain. Jadi intinya karena kamu sudah melanggar, ya kamu harus berani kehilangan sesuatu, yaitu jadwal bermainmu atau jadwal bersantai-santaimu yang harus diganti jadwal belajar.
Yang keempat dan paling aku sukai yaitu
BERISTIRAHAT
Haha,,, kenapa beristirahat?
Sekuat-kuatnya seseorang, pastilah butuh istirahat, kalaupun kita belum merasa capek, tapi jika tubuh terlalu diforsir, tubuh juga bakal drop karena lelah.
Jadi penting sekali kita membuat jadwal istirahat. Misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar, lalu bisa setelah itu dilanjutkan belajar lagi.

Nah, itulah tips BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN dariku, semoga dapat membantu ya.
Kalau menurutmu artikel belajar ini membantu, silakan share, tapi tolong disertakan sumbernya ya.
Terimakasih.

0 Response to "4 Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien"

Like Us

More on this category »