Latest News
Ads

CONTOH DEMOKRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

DEMOKRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

 
Ini adalah postingan lanjutan dari postingan materi Contoh Demokrasi Di Lingkungan Keluarga . Nah dalam postingan kali ini aku akan membahas mengenai demokrasi di lingkungan sekolah.
Apa saja sih contoh demokrasi di lingkungan sekolah itu?
Menurutku sih, kita sebenarnya sudah biasa melakukan demokrasi di lingkungan sekolah, hanya saja mungkin kita tidak menyadari hal tersebut tergolong demokrasi di lingkungan sekolah.
Contohnya nih :
1.    Saat kita melakukan pemilihan organisasi sekolah dan kelas dengan musyawarah. Kita akan berdemokrasi untuk menentukan ketua OSIS atau ketua kelas kan?
Nah, hal itu adalah salah satu contoh demokrasi di lingkungan sekolah.
2.    Pembagian tugas piket yang merata.
Dalam pembuatan jadwal piket, tentu sebelumnya kita sudah bermusyawarah dalam menentukan pembagian tugas piket di kelas bukan?
3.    Interaksi dan komunikasi yang lancar antara guru, siswa, dan orang di lingkungan sekolah .
Kenapa interaksi termasuk contoh perilaku demokrasi di sekolah?
Ya karena manusia adalah makhluk sosial, kita tidak bisa memungkiri bahwa kita harus mengalami interaksi dengan orang lain. Nah interaksi yang baik akan menciptakan sebuah demokrasi yang baik pula.
4.    Memberikan usul, saran, dan pesan kepada pihak sekolah
Hubungan atau interaksi juga bisa terjadi antara siswa dan pihak sekolah. Untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik, maka dibutuhkan usul, saran dan pesan demi kebaikan bersama. Namun penyampaian usul dan saran pada sekolah harus dilakukan dengan baik ya, jangan adu otot!

0 Response to "CONTOH DEMOKRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH"

Like Us

More on this category »