Latest News
Ads

APA SIH BAKU MUTU LINGKUNGAN ITU?




APA SIH BAKU MUTU LINGKUNGAN ITU?

Teman-teman, apakah kamu tahu tentang Baku Mutu Lingkungan?
Jika belum, yuk mari kita bahas bersama-sama...
Di jaman modern ini apapun terasa enak kan, yah karena kita sudah terbiasa hidup santai.
Mau ngabari saudara jauh, bisa langsung telpon.
Mau tau kabar idola, tinggal setel tv.
Nah, mau ngerjain tugas, tinggal browsing deh
Tapiii... seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, modernitas pun menimbulkan banyak dampak buruk, misalnya dampak pada psikis, badan, kesehatan, mental, lingkungan, dll.

Nah, lalu gimana cara mengetahui bahwa dampaknya itu sudah terlalu buruk atau tidak?
Disitulah kita akan mulai belajar mengenai Baku Mutu Lingkungan.
Baku mutu lingkungan adalah batas kadar yg diperkenankan bagi zat atau bahan pencemar terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup, tumbuhan atau benda lainnya.

Lalu, siapa yang menetapkan baku mutu lingkungan?
Yang menetapkan baku mutu adalah pemerintah, karena baku mutu termasuk peraturan pemerintah yang harus dilaksanakan.
PERMEN Baku Mutu berisi spesifikasi dari jumlah bahan pencemar yang boleh dibuang atau jumlah kandungan yang boleh berada dalam media ambien.
Dasar hukum baku mutu lingkungan terdapat dalam Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal 15 yang berbunyi sebagai berikut: 

“Perlindungan lingkungan hidup dilakukan berdasarkan baku mutu lingkungan yang diatur dengan peraturan perundang-undangan.”


Lalu apa kegunaan atau Tujuan Baku Mutu Lingkungan?
Tujuan baku mutu lingkungan yaitu untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia. Dari situlah maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan.
Selain itu baku mutu berfungsi juga untuk mencegah berlimpahnya limbah sehingga mengakibatkan baku mutu lingkungan tidak memenuhi syarat penghidupan bagi manusia.
Nah, berikut ini sudah aku ringkas beberapa baku mutu lingkungan yang bisa kita pelajari.

BAKU MUTU LINGKUNGAN
NO.
NAMA
PENGERTIAN
DAMPAK
1.
AIR RAKSA
Air raksa atau merkuri (Hg) adalah logam berwujud cair yang ditemukan dalam endapan alam seperti bijih bersama unsur-unsur lainnya.

Ambang baku mutu 0,001 mg

Mercury dapat terakumulasi dilingkungan dan dapat meracuni hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.
Dampak Merkuri Terhadap Kesehatan dari Tremor Sampai ke Kematian
2.
ARSENIK
Arsenik, atau arsenikum adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol As dan nomor atom 33. Ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik; kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida, insektisida, dan dalam berbagai aloy.

Ambang baku mutu 0,005 mg

Paparan pada arsenik anorganik akan memicu berbagai efek kesehatan, seperti iritasi lambung dan usus, penurunan produksi sel darah merah dan putih, perubahan kulit, dan iritasi paru-paru. Dosis mematikan arsenik oksida umumnya adalah 100 mg.
3.
TEMBAGA
Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.

Baku mutu 0,2 ppm
  • Kerusakan ekologis seperti berkurangnya debit air sungai dan tanah, pencemaran air laut, kerusakan hutan hingga sedimentasi tanah masih
  • Bila intake sangat tinggi dapat mengakibatkan kerusakan liver dan ginjal, bahkan sampai kematian.

4.
SIANIDA
Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≡N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen.

Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti-garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CN− sangat beracun.

Baku Mutu 0,5 mg/L
Sianida menyebabkan pencemaran, baik itu oleh limbah dari pertambangan, racun ikan maupun campuran pada pupuk yang melebihi takaran yang sewajarnya.
Dapat menyerang pembuluh darah jantung, kemudian menutup aliran darah yang mengakibatkan korban kolaps hingga akhirnya mati.
5.
TIMAH
Timah adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Sn (bahasa Latin: stannum) dan nomor atom 50. Timah memiliki dua kemungkinan bilangan oksidasi, +2 dan +4 yang sedikit lebih stabil. Timah memiliki 10 isotop stabil, jumlah terbesar dalam tabel periodik.
  • Timah terdistribusi terutama ke darah, jaringan lunak (ginjal, sumsum tulang, liver, otak) dan jaringan dengan mineral (tulang dan gigi).
  • Efek yang ditimbulkan adalah gangguan pada saraf perifer dan sentral, sel darah, gangguan metabolisme vitamin D dan kalsium sebagai unsur pembentuk tulang, gangguan ginjal secara kronis, dapat menembus plasenta sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin.
6.
NIKEL
Nikel adalah elemen pertama pada kolom kesepuluh dari tabel periodik. Nikel diklasifikasikan sebagai logam transisi. Atom nikel memiliki 28 elektron dan 28 proton dengan 30 neutron dalam isotop yang paling melimpah.

Nikel memiliki lima isotop stabil yang secara alami terjadi termasuk nikel-58, 60, 61, 62, dan 64. Yang paling banyak isotop nikel-58.
Paparan nikel dalam jumlah besar bisa mengakibatkan kanker paru-paru, kanker hidung, kanker laring, dan kanker prostat. Manusia dapat terpapar nikel melalui udara, air minum, makanan atau rokok.
Mikro organisme berpotensi mengalami penurunan pertumbuhan karena kehadiran nikel.
7.
SITRAT
Sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan.

Struktur asam ini tercermin pada nama IUPAC-nya, asam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat.

titik kritis yaitu 5,5
Konsumsi asam sitrat secara berlebihan akan mengakibatkan korosi pada Gigi. Asam-asam pada minuman ringan yang mempunyai konsentrasi yang tinggi dan pH awal minuman yang rendah akan berdifusi ke dalam email gigi melalui kisi-kisi kristal.


0 Response to "APA SIH BAKU MUTU LINGKUNGAN ITU?"

Like Us

More on this category »