Latest News
Ads

Biodata Singkat Pahlawan Nasional Indonesia

Biodata Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura bernama asli Thomas Matulessy, namanya sangat terkenal di kalangan masyarakat Maluku. Thomas Matulessy adalah salah satu pahlawan perjuangan Indonesia yang lahir di Haria, Pulau Saparua, Maluku, pada tanggal 8 Juni 1783. Kapitan Pattimura meninggal muda pada saat Beliau berumur 34 tahun di Ambon, Maluku, tanggal 16 Desember 1817.

Biodata Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro
Bendara Raden Mas Antawirya


Pangeran Diponegoro adalah pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau masih keturunan raja dan berdarah biru bergelar Bendara Pangeran Harya Dipanegara. Pangeran Diponegoro adalah putra sulung dari Sultan Hamengkubuwana III, raja ketiga di Kesultanan Yogyakarta. Semasa kecilnya, Pangeran Diponegoro bernama Bendara Raden Mas Antawirya. Beliau dilahirkan di Yogyakarta, 11 November 1785. Pangeran Diponegoro meninggal semasa pengasingannya di Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun.

Sejarah Sumpah Pemuda dan Isi  Sumpah Pemuda

Kalian pasti pernah memperingati hari sumpah pemuda di sekolah kan? Hari Sumpah Pemuda adalah salah satu moment penting bagi terciptanya Negara Indonesia. Ia menjadi salah satu satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Sumpah Pemuda terjadi pada saat diselenggarakannya Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Bunyi sumpah pemuda tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda, Penulisan Sumpah Pemuda menggunakan ejaan van Ophuysen. Yuk kita mengenal isi sumpah pemuda yang terkenal itu.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia


0 Response to "Biodata Singkat Pahlawan Nasional Indonesia"

Like Us

More on this category »