Latest News
Ads

Kompleks Candi Batujaya Candi Budha yang terbuat dari Bata di Jawa Barat

Kompleks Candi Batujaya Candi Budha yang terbuat dari Bata di Jawa Barat
Kompleks Candi Batujaya terletak di daerah persawahan dan perkampungan seluas 5km persegi.
Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuna yang terletak di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik.



Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Kompleks Candi Batujaya terdiri lebih dari 30 candi yang semula sebagian besar candi ini tampak berupa gundukan tanah menyerupai bukit  (juga disebut sebagai unur dalam bahasa Sunda dan bahasa Jawa).
Pertama kali kompleks Candi Batujaya ditemukan pada tahun 1984 oleh tim arkeologi Universitas Indonesia, dan mulai dieskavasi sejak tahun 1985. Ekskavasi dan penelitian dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) dan dibantu oleh EFEO (École Français d’Extrême-Orient) dan dukungan dana dari Ford Motor Company digunakan untuk kegiatan kajian situs ini.

Yang unik dari candi-candi Batujaya ini adalah bahwa bahan pembuatnya bukanlah batu, namun terbuat dari bata.

Dari segi kualitas, candi di situs Batujaya tidaklah utuh secara umum sebagaimana layaknya sebagian besar bangunan candi.
Kompleks Candi Batujaya pada umumnya hanya menyisakan bagian bawah bangunan berupa kaki candi atau sisa-sisa fondasi.
Hanya satu candi yang ditemukan masih memiliki sebagian badan candinya.
Bangunan-bangunan candi tersebut ditemukan hanya di bagian kaki atau dasar bangunan, kecuali sisa bangunan di situs Candi Blandongan.

Untuk orientasi atau arah candi-candi Batujaya ini tidak mengikuti arah mata angin utara-selatan seperti lazimnya pada candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Nah, ini dia hal unik lainnya dari Candi Batujaya, jika diukur, candi-candi Batujaya ini orientasinya menyimpang sekitar 50 derajat ke arah timur.
Untuk denah dasarnya, pecandian Batujaya ini ada yang berbentuk bujursangkar, empat persegi panjang dan ada juga satu candi yang berbentuk segi delapan.

Keunikan lainnya yaitu terletak pada Candi Jiwa
Candi Jiwa adalah candi yang ditemukan di situs Batuajaya, struktur bagian atasnya menunjukkan bentuk seperti bunga padma (bunga teratai). Pada bagian tengahnya terdapat denah struktur melingkar yang sepertinya adalah bekas stupa atau lapik patung Buddha.

Pada candi ini tidak ditemukan tangga, sehingga wujudnya mirip dengan stupa atau arca Buddha di atas bunga teratai yang sedang berbunga mekar dan terapung di atas air. Bentuk seperti ini adalah unik dan belum pernah ditemukan di Indonesia.
Lanjutan : Penemuan Pekuburan Rangka Manusia di Situs Batujaya

0 Response to "Kompleks Candi Batujaya Candi Budha yang terbuat dari Bata di Jawa Barat"

Like Us

More on this category »