Latest News
Ads

BEBERAPA FAKTOR ATAU PENYEBAB KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM

BEBERAPA FAKTOR ATAU PENYEBAB KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya kelangkaan sumber daya alam, antara lain yaitu keterbatasan sumber daya
, meskipun alam memang menyediakan sumber daya yang cukup bahkan melimpah, namun, tetap saja jumlahnya terbatas, apalagi jika manusia mengolahnya secara sembarangan, selain itu perbedaan letak geografis juga dapat mempengaruhi kelangkaan sumber daya alam. Ada daerah yang sangat subur, ada pula daerah yang kaya bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan air. Jika alam sudah menyediakan sumber daya yang melimpah dan meski sumber daya alam dapat diperbarui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis, karena penduduk akan terus bertambah. Pertumbuhan jumlah penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Dan meskipun jumlah penduduk semakin bertambah, namun kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan tidak selalu kompeten. Misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih bisa sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa rusak dan aus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama.
Dan jika suatu saat semua rencana manusia berjalan lancar, tapi ada satu penghalang yang tidak bisa manusia hindari , yaitu terjadinya bencana alam. Bencana alam merupakan faktor perusak yang berada di luar kekuasaan dan kemampuan manusia. Dari situ seharusnya kita sebagai manusia menyadari akan adanya ekkuatan yang maha di atas kekuatan kita. Karena jika kita telusuri, bencana-bencana itu bisa saja terjadi karena ulah manusia itu sendiri.
Contoh gempa yaitu : Banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain
Bencana-bencana itu dapat membawa dampak kerugian yang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam, dan bahkan korban jiwa yang menjadi korban bencana alam tersebut, sehingga dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya alam di sekitar area bencana.

0 Response to "BEBERAPA FAKTOR ATAU PENYEBAB KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM"

Like Us

More on this category »