Latest News
Ads

Dampak Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Tuabuh Manusia

Dampak Pencemaran Udara di Sekitar Kita
Pencemaran udara kendaraan bermotor
Contoh Pencemaran Udara

Jika dalam postingan yang lalu kita sudah membahas mengenai dampak pencemaran lingkungan, khususnya dampak pencemaran air, kali ini kita akan membahas mengenai dampak pencemaran udara.
Hmmm,, apa kamu pernah melihat pencemaran udara?
Oke, aku yakin pasti kalian semua sudah pernah melihanya.
Pencemaran udara adalah kondisi dimana kualitas udara menjadi buruk atau rusak karena terkontaminasi  oleh zat-zat. Zat-zat pencemar udara itu ada yang tidak berbahaya, dan ada juga yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia.
Bagaimana kriteria lingkungan dapat dikatakan “tercemar” ?
Seperti postingan sebelumnya, suatu lingkungan dapat dikatakan tercemar jika lingkungan itu mengalami perubahan yang diakibatkan oleh masuknya atau sengaja dimasukkannya zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan sehingga mengakibatkan berubahnya tatanan lingkungan.
Apa saja contoh pencemaran udara?
Pencemaran udara kebanyakan disebabkan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang sehat. Contohnya : Asap pabrik, rokok, asap kendaraan bermotor, kebakaran, dll.
Pencemaran-pencemaran udara itu biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Sehingga tidak perlu takjub ketika kamu mendapati bahwa udara di perkotaan atau daerah industri terasa lebih panas daripada di pedesaan.
Apa dampak dari pencemaran udara?

Salah satu dampak yang sangat terasa adalah dampak apencemaran pada kesehatan.
Zat-zata pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan ketika kita bernapas dan menghirup udara yang telah tercemar tersebut. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA(infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

Setelah mengetahui dampaknya, sebaiknya apa yang kita lakukan temans?

0 Response to "Dampak Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Tuabuh Manusia"

Like Us

More on this category »