Latest News
Ads

Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan (Pencemaran AIR)

Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan



Bagaimana kriteria lingkungan dapat dikatakan “tercemar” ?
Lingkungan dapat dikatakan tercemar ketika lingkungan itu sendiri mengalami perubahan yang diakibatkan oleh masuknya atau sengaja dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan sehingga mengakibatkan berubahnya tatanan lingkungan. Pengertian tersebut dapat kamu baca lebih lengkapnya di Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982.

Lalu siapa yang menyebabkan lingkungan tercemar?
Kita tidak bisa menghakimi, namun kita harus menyadari dan mengakui, bahwa yang menyebabkan lingkungan tercemar adalah salah satunya diri kita sendiri.
Secara ilmiah, lingkungan dapat tercemar oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya
Sampah menyumbat sungai
Contoh pencemaran air oleh sampah

Apa dampak dari tercemarnya lingkungan?
Sebelumnya kita harus tahu, bahwa pencemaran lingkungan itu ada banyak jenisnya, diantaranya adalah pencemaran air, pencemaran udara , pencemaran tanah dan lain-lain.
Dalam postingan kali ini saya hanya akan mencontohkan Dampak atau Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran lingkungan pada air.
Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air yaitu terganggunya kehidupan organisme air karena disebabkan oleh berkurangnya kandungan oksigen atau O2, hal ini berdampak pada kehidupan organisme air karena dapat menyebabkan kematian.
Hal lain yang dapat memperburuk lingkungan, khususnya air adalah terjadinya pendangkalan dasar perairan. Coba kalian perhatikan, sekarang ini sering terjadi banjir, selain karena berkurangnya daerah resapan air, ya karena dangkalnya dasar perairan, sehingga tidak mampu menampung air sebanyak dahulu kala, hal itu tentu saja mengakibatkan air membludak ke jalanan.
Dan terakhir yang paling parah adalah terjadinya fenomena kurangnya air bersih.
Hmmmm... ini sangat mengerikan sekali.
Jika kamu pengen tahu postingan lanjutan, silakan klik link Dampak Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Tuabuh Manusia

0 Response to "Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan (Pencemaran AIR)"

Like Us

More on this category »