Latest News
Ads

GEJALA ALAM FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL

GEJALA ALAM FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL
 GEJALA ALAM FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL
Halo temans, gimana kabarmu hari ini? Kemarin kalian semua pasti sudah menyaksikan gerhana Matahari Total kan.
9 Maret 2016 menjadi hari yang istimewa bagi Indonesia, karena pada tanggal 09 Maret 2016, sebagian masyarakat Indonesia menyaksikan satu fenomena alam berupa Gerhana Matahari Total atau TOTAL SOLAR ECLIPSE.
Daaaaan gerhana yang terjadi kali ini termasuk yang paling langka, karena hanya terjadi dalam kurun waktu 350 tahun sekali. Wooooowwww......
Sebenarnya, gerhana matahari Total 9 Maret 2016 terjadi di Samudra Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana Matahari Total di wilayah daratan.
Fakta menarik lain terkait gerhana matahari total juga diungkapkan astronom Indonesia dan beberapa masyarakat di area terjadinya gerhana matahari mengenai beberapa gejala yang terjadi ketika atau sesaat sebelum gerhana matahari total, diantaranya yaitu :

•    Saat gerhana matahari total, perubahan perilaku hewan akan terjadi, terutama pada binatang malam, misalnya kelelawar. Walau hanya beberapa menit saat gerhana matahari total terjadi, kondisi tiba-tiba gelap seolah malam akan membuat hewan terutama binatang malam bereaksi. Akan terjadi perubahan perilaku, karena mereka mengira saat itu malam telah tiba.
•    Selain itu Gerhana matahari total ternyata mengubah perilaku sejumlah hewan tidak hanya yang nocturnal. Diantaranya juga terjadi pada hewan yang biasa beraktivitas pada siang hari. Contohnya fenomena alam di Bogor. Meski gerhana matahari di Bogor hanya tertutup 90 persen, secara umum beberapa hewan mengalami perubahan perilaku saat gerhana. Seperti kukang dan tupai yang memperlihatkan aktivitas agresif saat matahari tertutup. Begitu juga untuk hewan jenis burung mengalami perubahan, seperti mencari perlindungan saat terjadi gerhana matahari. Hal itu karena saat cahaya hilang, burung merasakan suasana seperti malam hari sehingga hewan itu menghentikan aktivitasnya, seperti berkicau. Perubahan ini, disebabkan lantaran insting hewan. Ketika gerhana, langit terlihat gelap dan menyerupai malam membuat hewan yang biasa beraktivitas di siang hari akan berubah. Matahari menjadi alarm tubuh atau jam biologis bagi hewan untuk beraktivitas

•    Berikutnya yaitu gejala alam yang terjadi saat gerhana matahari di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Mendung menyelimuti kota Pontianak dan sempat membuat warga kecewa karena tidak bisa menyaksikan fenomena langka tersebut. Namun, ada kejadian alam menjelang gerhana matahari total, yaitu suara guntur menggelegar membelah kesunyian di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, dan beberapa jam kemudian, hujan deras membasahi bumi Khatulistiwa ini dari pukul 03.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.
Selain itu, gejala alam juga bisa dilihat di tepian Sungai Kapuas, di sana terlihat jelas perubahan air yang naik ke permukaan lain dari hari biasanya. Ketinggian air bisa mencapai 1 meter. 50 cm-100 cm tinggi debit air Sungai Kapuas. Sampai jalan gang juga ikut terendam hingga 50 cm.
•    Fenomena alam menakjubkan juga terjadi saat gerhana matahari total di Maba, Maluku Utara, pada Rabu pagi tanggal 9 Maret 2016. Laut di dermaga Kota Maba tiba-tiba surut sehingga membentuk daratan kering yang menghubungkan Pulau Halmahera dengan Pulau Mobon yang terpisah sekitar 400 meter. Fase totalitas gerhana matahari di Maba sendiri berlangsung selama 3 menit 20 detik. Sontak hal ini membuat khawatir warga setempat, karena dikira akan terjadi tsunami. Karena salah satu tanda terjadinya tsunami adalah surutnya air laut.
•    Terjadinya teori relativitas Einstein. Bahwa suatu benda bisa membelokkan cahaya, ketika gerhana matahari, saat sang surya ditutup, bintang-bintang di sekitar matahari sedikit bergeser.

1 Response to "GEJALA ALAM FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL"

Like Us

More on this category »