Latest News
Ads

PENANGGULANGAN PENYIMPANGAN SOSIAL

PENANGGULANGAN PENYIMPANGAN SOSIAL

Prostitusi adalah penyimpangan sosial

Contoh Penyimpangan Sosial
Pada mata pelajaran IPS ada materi mengenai penyimpangan sosial, kamu tentu tau contoh-contoh penyimpangan sosial di lingkungan sekitar kita kan?
Misalnya : Mengonsumsi minuman keras, penyalahgunaan narkoba, perilaku hubungan intip di luar nikah, perkelahian antar pelajar atau tawuran, perjudian, dan kejahatan.
Nah, karena ada banyak contoh, pada postingan ini aku akan membahas mengenai contoh terakhir aja ya, yaitu penyimpangan sosial berupa kejahatan.
Kejahatan
Indonesia adalah negara hukum, sehingga sebuah kejahatan sudah pasti melanggar hukum dan serta melanggar norma sosial dalam masyarakat. Kejahatan adalah bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan moral kemanusiaan (immoril), merugikan masyarakat, sifatnya asosiatif dan melanggar hukum serta undang-undang pidana.
Karena dampaknya yang sangat merugika masyarakat, maka kita perlu memikirkan penanggulangan penyimpangan sosial ini.
o    Awalnya, kita bisa melakukan teguran. Teguran bisa berupa peringatan yang ditujukan kepada seseorang yang melakukan tindakan menyimpang itu sendiri.
•    Jika tidak berhasil, maka lanjut ke dalam hukuman yaitu sanksi negatif yang diberikan kepada seseorang yang melanggar peraturan, baik peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis.
•    Kekerasan fisik merupakan alternatif terakhir dalam pengendalian sosial apabila jenis pengendalian lain tidak efektif atau tidak mempan diterapkan.
•    Agama yaitu pengendalian sosial yang berdasarkan ajaran agama untuk melakukan kewajiban dan menjauhi larangan yang telah ditetapkan agama.

0 Response to "PENANGGULANGAN PENYIMPANGAN SOSIAL"

Like Us

More on this category »