Latest News
Ads

POTENSI BUDAYA DKI JAKARTA (BUDAYA KHAS SUKU BETAWI)

 POTENSI BUDAYA DKI JAKARTA (BUDAYA KHAS SUKU BETAWI)



POTENSI BUDAYA DI DKI JAKARTA

DKI Jakarta adalah ibu kota Negara Indonesia,
memang kini DKI Jakarta termasuk kota maju yang modern. Namun DKI Jakarta juga mempunya banyak budaya. Salah satu potensi budaya DKI Jakarta yaitu rumah adatnya.
Biasa kita kenal dengan istilah “Rumah Adat Betawi”, rumah ini termasuk dalam bentuk rumah panggung, yang berdiri beberapa cm di atas tanah. Dilihat dari gaya arsitekturnya, rumah adat Betawi seperti mendapatkan pengaruh arsitektur dari beberapa negara seperti Eropa, Arab, dan Cina. Gaya arsitektur yang mirip dengan gaya rumah negara lain terserbut terlihat dari desain pintu, jendela, lubang angin, dan beberapa ornamen rumah yang terdapat di sana. Dilihat dari struktur peletakan ruangnya, rumah adat suku Betawi mirip juga dengan rumah modern yang ada dewasa ini; terlihat dari terdapatnya ruang-ruang dengan fungsi tertentu, seperti ruang umum, ruang pribadi, dan area servis.


DESKRIPSI ASAL USUL BUDAYA
Dulunya, rumah adat Betawi dibuat dari bambu. Sedangkan sekarang ini karena pengaruh modernisasi, rumah adat suku Betawi terbuat dari dinding tembok. Jika dulunya lantai rumah tradisional ini terbuat dari tanah, sekarang terbuat dari keramik atau plesteran semen. Rumah ini terlihat sederhana namun tetap terlihat apik dengan pagar kayu yang mengelilingi bangunan rumah. Mungkin inilah yang membuat rumah Betawi terlihat unik.

MANFAAT BAGI MASYARAKAT SEKITAR
Tentunya ada banyak manfaat rumah adat bagi masyarakat DKI Jakarta akan keberadaan rumah adat Betawi ini, misalnya sebagai tempat hunian, dan juga sebagai tujuan wisata.
Rumah adat suku Betawi mungkin terlihat sederhana namun secara sosial, rumah suku Betawi merupakan jenis rumah yang memperhitungkan fungsi sosial si empunya rumah juga. Karena pada suatu saat, jika empunya rumah ingin mengadakan hajatan atau acara sosial, papan depan rumah dapat dilepas sehingga memungkinkan lebih banyak orang ditampung di dalam rumah. Sehingga sangat bermanfaat bagi pemiliknya, maupun amsyarakat sekitarnya.
Kini di jaman modern, rumah Betawi lebih berfungsi sebagai sarana belajar budaya dan juga sebagai daya tarik wisata.

0 Response to "POTENSI BUDAYA DKI JAKARTA (BUDAYA KHAS SUKU BETAWI)"

Like Us

More on this category »