Latest News
Ads

Potensi Budaya Rumah Adat Bangka Belitung yang Indah Mempesona

Potensi Budaya Rumah Adat Bangka Belitung yang Indah Mempesona

POTENSI BUDAYA DI BANGKA BELITUNG

 Potensi Budaya Rumah Adat Bangka Belitung yang Indah Mempesona

Kabupaten Bangka sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai macam potensi yang cukup menarik baik alam maupun seni budayanya. Salah satu potensi yang menarik perhatian dan menjadi ciri bangka belitung adalah bentuk rumah asli dengan atap berbentuk limas dan bertangga sehingga disebut rumah panggung limas.
Secara umum arsitektur rumah limas di Bangka Belitung berciri Arsitektur Melayu seperti yang ditemukan di daerah-daerah sepanjang pesisir Sumatera dan Malaka.
Di daerah ini dikenal ada tiga tipe yaitu Arsitektur Melayu Awal, Melayu Bubung Panjang dan Melayu Bubung Limas. Rumah Melayu Awal berupa rumah panggung kayu dengan material seperti kayu, bambu, rotan, akar pohon, daun-daun atau alang-alang yang tumbuh dan mudah diperoleh di sekitar pemukiman.
Bangka belitung dulu merupakan bagian dari provinsi sumatra selatan di bawah kesultanan palembang. sehingga kebudayan dan bentuk rumah adat di bangka ada kemiripan dengan palembang.

DESKRIPSI ASAL USUL BUDAYA
Bangka belitung dulu merupakan bagian dari provinsi Sumatra Selatan di bawah kesultanan Palembang. sehingga kebudayaan dan bentuk rumah adat di Bangka ada kemiripan dengan Palembang. Sesuai dengan namanya Rumah panggung limas berbentuk panggung dan atapnya berbentuk limas terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu nyato salah satu kayu yang berkualitas di bangka belitung.sedangkan di daerah palembang kayu bulian.
Sebelum indonesia merdeka rumah panggung masih banyak namun sekarang jarang sekali di temukan. Hanya beberapa rumah saja yang masih tersisa salah satunya yang berada di desa kota waringin.

MANFAAT BAGI MASYARAKAT SEKITAR
Tentunya ada banyak manfaat rumah adat bagi masyarakat Bangka Belitung, misalnya sebagai tempat hunian, sebagai tujuan wisata, karena rumah adat Bangka Belitung sangat indah, gaya bangunannya pun mempunyai nilai keindahan tersendiri serta punya nilai artistik yang mempesona khususnya pada bagian ukiran maupun bahan kayu yang digunakan untuk membangun rumah adat tersebut.
Oleh karena itu sangatlah penting untuk diketahui sebab hal tersebut merupakan bagian dari kebudayaan kita yang patut untuk tetap dilestarikan keberadaannya hingga nanti.

0 Response to "Potensi Budaya Rumah Adat Bangka Belitung yang Indah Mempesona"

Like Us

More on this category »